01 March 2007
Memperkenalkan : Sumatra Barat
Sumatra Barat, atau identik dengan nama Minangkabau terletak di di bagian barat tengah pulau Sumatera, Provinsi ini memiliki dataran rendah di pantai barat, serta dataran tinggi vulkanik yang dibentuk Bukit Barisan yang membentang dari barat laut ke tenggara. Kepulauan Mentawai yang terletak di Samudera Hindia termasuk dalam provinsi ini. Garis pantai Sumatera Barat seluruhnya bersentuhan dengan Samudera Hindia sepanjang 375 km.

Sumatra Barat juga merupakan salah satu provinsi yang memegang peranan penting dalam sejarah Republik Indonesia. Salah satu kotanya yaitu Bukittinggi pernah menjadi ibukota Pemerintahan Darurat RI. Sebagai (mantan) ibukota negara, Bukittinggi mempunyai sebuah Istana, yang dalam beberapa kesempatan hingga kini dipergunakan sebagai tempat pertemuan pejabat atau bilateral.

Obyek wisata
Provinsi indah ini memiliki objek wisata hampir di setiap sudutnya. Tidak hanya berupa obyek wisata alami, di pusat-pusat kotanya pun banyak terdapat obyek wisata yang menarik dan layak dikunjungi. Yang mengesankan, tiap-tiap kota di provinsi seluas 42.297,30 km² ini memiliki obyek wisata yang berbeda satu sama lain. Yang alami seperti pantai, panorama, taman nasional, lembah, danau, tempat surfing, tempat rafting, air terjun, perbukitan, tebing, hingga ngarai terbentang merata di setiap wilayah provinsi ini. Obyek wisata budaya pun tidak kalah banyaknya. Istana Pagaruyung (sayang terbakar pada Februari 2007) di Batusangkar, Jam Gadang, Benteng Fort deKock dengan Jembatan Limpapeh di Bukittinggi, bahkan kampus-kampus seperti Universitas Andalas (dengan pesona bukit dan panoramanya) dan Universitas Bung Hatta (terletak di tepi pantai) seringkali menjadi obyek wisata.

Bagaimana dengan wisata belanja?
Kota Bukittinggi, Padang, Padangpanjang, Batusangkar, Solok, hingga Silungkang adalah lokasi yang tepat untuk berbelanja kain, pakaian, kerajinan tangan, songket, hingga oleh-oleh khas daerah Minangkabau. Oleh-oleh khusus berupa penganan khas setempat (seperti keripik sanjai, gelamai, kerupuk jangek, dan lainnya) dapat diperoleh di setiap destinasi, tidak mungkin terlewatkan.

Begitu banyak lokasi wisata di Minangkabau, hingga tidak cukup satu hari untuk mengunjunginya, bahkan dalam satu kota sekali pun!
Puas menikmati obyek wisata dan berbelanja, gunakan sedikit waktu istirahat Anda untuk mencicipi kuliner khas Minangkabau.

Kuliner
Di kawasan Pondok, kota Padang Anda dapat menemukan aneka tempat jajan baik berupa warung, maupun kios permanen. Mulai dari lontong gulai pakis, bubur kampiun, es durian, hingga teh talua dijajakan di sni.



Bagi penggemar sate padang, variasinya sangat beragam. Yang terkenal adalah Sate Mak Syukur di Padangpanjang (Walaupun letaknya bukan di pusat kota, warung sate ini sangat ramai pengunjung terutama malam minggu dan hari libur). Selain itu ada juga sate khas Padangpariaman, sate padang asli, hingga sate khas Dangung-dangung (Payakumbuh). Bentuk, dan penyajian sate tersebut berbeda-beda, namun tetap memiliki satu persamaan rasa : Nikmat!
Hmmm! :)

Bagaimana menuju ke Miangkabau?
Keunggulan ranah Minangkabau didukung dengan kehadiran bandara bertaraf internasional yaitu Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Hampir semua maskapai lokal dan beberapa maskapai asing melayani penerbangan ke sini. Minangkabau juga dapat ditempuh melalui jalur darat dan laut. Tergantung kenyamanan dan tentunya budget Anda.

Akomodasi
Di kota Padang terdapat banyak hotel yang dapat menjadi pilihan. Yang terkenal adalah hotel Bumi Minang (Sedona) dan Pangeran Beach Hotel. Pada segmen menengah, Wisma Mayang Sari, Wisma Anggrek (Jl. Sudirman), Hotel Femina (Jl. Bagindo Aziz Chan), adalah beberapa opsi. Bagi Anda yang lebih suka jalan-jalan daripada menghabiskan waktu di hotel, maka Hotel Tiga Tiga, Hotel Cendrawasih (Jl. Pemuda), Hotel Garuda, Hotel Putri Bungsu (Jl. Permindo) dan masih banyak lainnya, dapat menjadi pilihan yang irit.
*Informasi penginapan di kota Bukittinggi atau kota-kota Minangkabau lainnya akan dimasukkan pada episode-episode berikutnya.*

Transportasi
Jika Anda (dan terutama jika bersama rombongan ) tidak membawa kendaraan padahal banyak lokasi yang ingin dikunjungi, opsi terbaik adalah merental kendaraan (berikut supir, sekitar 300.000 untuk 1 hari). Namun jika Anda punya banyak waktu, tidak ada salahnya mencoba transportasi lokal. Untuk jarak dekat sekaligus menikmati pemandangan, bisa menggunakan bendi (sejenis dokar). Untuk jarak menengah hingga jauh, pilihannya lebih beragam, mulai dari bus besar (ANS/NPM), bus sedang, angkot, hingga travel antar kota. Dalam kondisi darurat, naik ojek juga dapat menjadi pilihan yang praktis. :)
Jadi backpackers, jangan khawatir! Dengan strategi yang tepat dan bekal informasi yang cukup, maka biaya akomodasi dan transportasi dapat ditekan serendah mungkin. ;)

Liburan ke ranah Minang adalah wisata yang relatif murah dalam hal keuangan, namun kaya akan pengalaman dan pengetahuan. Kunjungan wisata Anda ke ranah Minang akan sebanding dengan biaya yang Anda keluarkan. Tidaklah berlebihan jika disebut bahwa Minangkabau adalah salah satu dari surga yang ada di dunia.

Labels:

 
posted by Hannie at 5:56 PM | Permalink |


7 Comments:


  • At March 05, 2007 10:38 AM, Blogger Hannie

    terlalu lengkap kah informasi yang kuberikan???
    hahaha!!!

    I love Minangkabau sooo much!

    hayoo, readers, ada yang mau ke Minangkabau ga? atau punya cerita ttg ranah tersebut? ;)

     
  • At March 06, 2007 10:07 PM, Anonymous Anonymous

    wah kalau ama saya jago bikin kopi talua. Oiya kalau tentang ke padang, udah lama gak pulang kampung. Kurang lebih sudah 5 tahun gak pulang2..
    Yah maybe someday bisa pulang dan ketemu banyak sanak saudara disana..
    Amin..Doain aja...

     
  • At March 06, 2007 11:21 PM, Blogger Ummi Riza

    Coba itu es kampiun ...dipajang potonya *slurrp*...ngiler dech kalo udah cerita makanan...

    Iya nich terlalu lengkap informasinya...gag ada yg perlu ditambahin lg kan Han? *kedip2*

     
  • At May 02, 2007 11:18 AM, Anonymous Anonymous

    assalamualaikum semua,

    saya bercadang hendak melawat ke ranah minang penghujung mei ini. datuk dan nenek asalnya minangkabau. kini putus hubungan dgn sanak saudara kerana orang tua yang mengenali mereka telah tiada.

    cuma ingin mendekati identiti minang sejati melalui liburan.

    terima kasih sekiranya dpt mencadangkan tour agent yang boleh dipercayai di padang bg tujuan ini.

    terima kasih

     
  • At September 03, 2007 2:42 AM, Anonymous Anonymous

    URGENT !!!!

    saya dari jogja, ada schedule ke padang tgl 6 sept 07, ,ada yang bisa bantu info kost murah di tengah kota, mungkin dekat kampus (utk 1 bulan saja, di hotel bisa bangkrut)
    saya cari kost dekat kampus biar gampang cari makan sahur
    & jg rental motor (juga utk sebulan,).

    terakhir saya di padang +- 15 thn yl (sd hingga smp kelas 1 disana), banyak yg pengen saya kerjakan setibanya disana selain kerjaan tentunya, misal cari temen2 dulu, jalan2 ke objek wisata dan yang pasti melepas kangen

    Mohon bantuan yach, tx

     
  • At March 31, 2008 12:29 PM, Blogger harsaf

    Ass.W, Halo temen2 sekalian para urang awak nan diperantauan khususnya dijakarta, sekarang dijakarta sudah ada sate padang dangung-dangungloh tepatnya ada di daerah jakarta timur, lokasinya di komp.perkantoran jl.raya buaran blok a.no 93(samping bank mandiri), nama restonya kedaikoe telp.(021)68880426.
    Saya udah nyobain langsung dan rasanya lamak bana samo seperti dimudiak karena bumbunya dikirim langsung dari dangung2 dan karyawan yg dijakarta langsung ditraining oleh haji malin(dedengkotnya sate dangung2)...pokoknya rugi deh kalo gak nyobain, so bagi yang tinggal dijakarta dan taragak sama sate dangung2 tinggal datang aja ke alamat diatas...katanya satenya mulai buka jam 1 siang sampe jam 9 malam.....cheers guys

     
  • At April 15, 2008 6:12 PM, Blogger danu untaria

    Halo kawan
    aku lagi ingin berkeliling negeri
    senang aku disni,
    jika tak keberatan
    aku ingin pasang banner
    MINANGKABAU.

    trims.